Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

Sebutkan dan jelaskan Jenis Pengangguran

Sebutkan dan jelaskan Jenis Pengangguran - Perintah Sebutkan dan Jelaskan mengharuskan kita untuk menjawab lebih dari satu dan juga harus dijelaskan. Jenis pengangguran ada 3 hingga 4 macam menurut beberapa reverensi yang kami dapatkan.

Perbedaan jumlah jenis Pengangguran ini berdasarkan sudut pandang dan juga pengelompokan dari pengangguran tersebut. Salah satu referensi yang kami gunakan, menyebutkan jenis Pengangguran ada 3 macam yaitu:

Pengangguran Terbuka atau Open Unemploymen

Pengangguran jenis ini adalah tenaga kerja yang benar-benar tidak memiliki suatu pekerjaan apapun. Bisa dikarenakan belum dapat pekerjaan atau memang karena rasa malas yang tinggi untuk mencari kerja.

Pengangguran Terselubung atau disguessed Unemploymet

Yaitu Pengangguran yang terbentuk karena kelebihan tenaga kerja pada suatu lapangan kerja. Padahal jika dilakukan pengurangan tenaga kerja tidak mempengaruhi jumlah produksi atau output pekerjaan. Hal ini bisa saja terjadi karena tenaga kerja tersebut tidak bekerja secara maksimal.

Setengah pengangguran atau Under Unemployment

Yaitu tenaga kerja yang tidak memiliki pekerjaan untuk sementara waktu karena pekerjaannya sudah selesai dan belum ada pekerjaan lagi. Sebagai contoh adalah tukang bangunan yang sudah menyelesaikan satu proyek dan belum memiliki proyek lainnya.

Sedangkan referensi lain juga menyebutkan bahwa Jenis Pengangguran ada 4 macam. sebenarnya secara umum sama, hanya saja disampaikan dengan bahasa yang berbeda. 4 Jenis pengangguran tersebut adalah:

Sebutkan dan Jelaskan Jenis Pengangguran

1. Pengangguran Friksional

Yaitu pengangguran yang bersifat hanya sementara akibat kendala waktu, informasi atau bisa juga karena Kondisi Geografis.

2. Pengangguran Struktural

Merupakan pengangguran yang tercipta karena si tenaga kerja tidak dapat memenuhi sebagian atau seluruh persyaratan yang diberikan oleh pemilik lapangan kerja.

3. Pengangguran musiman

Pengangguran ini terjadi akibat adanya faktor fluktuasi dari kegiatan ekonomi dalam jangka pendek.

4. Pengangguran Siklikal

Peristiwa ketidakstabilan siklus ekonomi merupaka penyebab dari jenis pengangguran ini. Dimana naik turunya siklus tersebut berpengaruh terhadap permintaan tenaga kerja.

Kalian bisa memilih salah satu dari penjelasan dalam artikel Sebutkan dan jelaskan Jenis Pengangguran ini untuk tugas kalian. Namun yang pasti jangan hanya menyebutkan satu jenis saja untuk mendapat nilai yang tinggi.

Artikel keren lainnya: