Beranda · Menu · Menu 1 · Menu 2

7 Fakta Menarik Tentang Gelombang Gravitasi Albert Einstein

Fakta Menarik Tentang Gelombang Gravitasi Albert Einstein - Akhir-akhir ini dihebohkan tentang sekelompok ilmuwan dari National Science Foundation, Caltech, dan MIT yang mengumumkan tentang keberhasilan mereka dalam menemukan bukti adanya gelombang gravitasi. Tak hanya itu, mereka juga sudah bisa membuktikan kebenaran teori Albert Einstein mengenai gelombang gravitasi.

7 Fakta Menarik Mengenai Gelombang Gravitasi

Sepanjang sejarah modern, bisa dikatakan bahwa penemuan ini adalah salah satu penemuan  terbesar di bidang sains. Karena keberhasilan ini, sang penemu pun direncanakan akan menerima penghargaan Nobel.

Berbicara tentang gelombang gravitasi, gelombang ini merupakan gelombang yang sangat kuat yang karena kekuatannya gelombang ini mampu memperlebar ruang dan waktu di sekitarnya. Alat khusus yang digunakan para ilmuwan untuk menemukan gelombang ini bernama LIGO atau Advanced Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory.

Tidak hanya kekuatannya yang sangat besar, menurut Business Insider gelombang ini juga memiliki beberapa fakta menarik. Berikut 7 fakta menarik tentang gelombang gravitasi:

1. Albert Einstein

Untuk pertama kalinya gelombang gravitasi diprediksi oleh Albert Einstein 100 tahun yang lalu. Namun sayangnya ketika teori ini dipublikasikan oleh Einstein, para ilmuwan belum mempunyai sebuah teknologi pun mampu untuk membuktikan teori pada saat itu.

2. Black Hole & Gelombang Gravitasi

Para Ilmuwan yakin bahwa pada saat dua black hole saling bertubrukan, maka keduanya akan mampu memancarkan gelombang gravitasi yang sangat kuat hingga akan dapat mempengaruhi kestabilan ruang dan juga waktu.

3. Gelombang Gravitasi, Ruang dan Waktu

Gelombang gravitasi ini mampu merambat melewati ruang dan waktu. Namun bentuknya yang sangat kecil, sangat sulit untuk bisa dideteksi. LIGO merupakan alat khusus untuk mendeteksi gelombang gravitasi. LIGO dikatakan mampu mendeteksi distorsi berukuran satu juta kali lebih kecil daripada atom hidrogen.

4. Black Hole

Dengan ditemukannya Gelombang gravitasi ini, memungkinkan para ilmuwan untuk dapat memperkirakan kapan dua black hole saling bertabrakan. Nah, adapun gelombang gravitasi yang baru-baru ini terdeteksi oleh LIGO, dapat dipastikan merupakan  hasil tabrakan antara dua black hole.

Menurut para Ilmuwan, energi hasil dari tabrakan tersebut diperkirakan bisa mencapai 50 kali lebih kuat dibandingkan energi seluruh bintang di alam semesta.

5. Black Hole Bukan Objek Satu-Satunya

Perlu sekali kita ketahui bahwa Black hole bukanlah objek satu-satunya yang bisa memancarkan gelombang gravitasi. Bumi, Matahari dan planet serta bintang lainnya juga memiliki gelombang gravitasi dengan kekuatan yang berbeda-beda. Ukuran gelombang gravitasi dari objek lain tersebut 100 miliar lebih kecil ketimbang gelombang gravitasi yang dihasilkan dari dua black hole yang bertubrukan. Sehingga karena ukurannya yang sangat kecil tersebut membuat gelombang gravitasi bumi belum bisa dideteksi oleh alat yang ada saat ini.

6. Tabrakan Black Hole

Menurut prediksi para ilmuwan, setiap 15 menit sekali akan ada dua black hole yang saling bertabrakan yang akan memancarkan gelombang gravitasi yang dapat dideteksi.

7. Dua Black Hole Jadi Satu

Sebelum para ilmuwan berhasil mendeteksi gelombang gravitasi, mereka tidak pernah tahu bahwa black hole dapat bertabrakan dan bergabung menjadi satu.

Penemuan baru ini membuktikan bahwa gelombang gravitasi tidak hanya sebagai bukti akan teori Einstein. Namun juga sebagai bukti adanya fenomena baru pada black hole yang tidak pernah diketahui sebelumnya.

Artikel keren lainnya: